Cari Blog Ini

Jumat, 08 Juli 2011

SOTO BETAWI SPECIAL

Saya termasuk kategori wanita yang seneng masak ,tapi masaknya masakan yang saya suka yah atau, masakan kesukaan orang yang saya sayangi, yap seperti minggu lalu saya merencanakan untuk membuatkan pasangan saya soto betawi istimewa, karena  saya tau dia suka dengan soto betawi apalagi soto betawi special  buatan ibunya, dan karena  yang menjadi favorit  adalah buatan ibunya maka saya bela-belain buat belajar bagaimana membuat soto betawi special  hehehe.  Pagi-pagi hari minggu 3 Juli 2011 saya sudah berbelanja kebutuhan untuk membuat soto , dipasar ciputat bareng ibu pacar saya*ibu mertua amiiin*, pertama-tama kami menuju kios penjual daging segar, umi begitu biasa pacar saya memanggil ibunya, langsung memilih babat, usus,paruh dan daging sapi yang masih segar, yah karena saya belum ngerti gimana  memilih daging dan bahan-bahan  membuat soto walhasil saya Cuma manggut-manggut aja saat umi ngejelasin mana yang masih segar dan mana yang sudah tidak bagus lagi.  Kelar memilih bahan utama soto  kami menuju ke kios  bumbu dapur, kami membeli minyak goreng, kara santan,emping, kemiri,lada,bawang putih, dilanjutkan ke kios sayuran untuk membeli bahan membuat acar timun segar dan wortel yang segar juga, jadi warna untuk acarnya cantik kaya yang buat hehehe. 

Kelar semua belanjaan dibeli pulang deh, dah siap-siap untuk mengolah semua bahan mentah tadi menjadi masakan yang enak.
Gini  nih cara buat soto betawi special ala chef lenny marlina, pertama-tama bahan utama alias jeroan dibersihin kalo bagian ini terus terang saya gak bantuin karena  langsung dicuci oleh umi, hehehehe karena kata beliau takut saya gak bersih nyucinya hehehe. Saya sibuk memotong bahan untuk membuat acar timun di potong dadu ingetnya pinggirnya aja alias  jangan dipake yang bagian  yang ada bijinya jadi ambil bagian yang gak kena bijinya, kalo  wortel di  kupas  kulitnya dipotong dadu juga, cabe rawit ijo secukupnya, bawang merah secukupnya, cuci bersih lalu tambahkan 2 sendok makan cuka dan garam 1 sendok ‘the  beri sedikit air panas lalu diamkan.


Bahan –bahannya:
1.usus sapi, babat,paruh,daging sapi, cuci bersih lalu masak sampe mateng kalo bisa pake panci  presto biar matengnya cepet,kalo udah mateng angkat dan potong-potong seukuran dadu lalu digoreng jangan terlalu matang biar warnanya kekuningan aja itu kata umi loh yang ngajarin saya..
Bumbu yang dihaluskan:
Lada,ketumbar,kemiri,biji pala,bawang merah,bawang putih,kencur,lengkuas,jahe,garam dan sereh tapi di geprek aja alias jangan sampe halus, plus daun jeruk dan salam biar wangi aroma .
Cara membuatnya:
Tumis semua bumbu yng sudah dihaluskan kalo sudah wangi lalu masukan santan kelapa kental yang sudah dicampur dengan air,ukurannya kira-kira aja yah, karena saya gak pake ukuran feeling aja sih,  nah kalo santannya udah tercampr rata usahakan jangan diaduk pas dimasak sampe mendidih kata umi sih biar  jangan pecah, saat saya Tanya kenapa kalo pecah, katanya yah gak bagus jadi jelek santannya gak nyatu gitu. Nah kalo udah mendidih aduk santannya lalu masukin deh tuh jeroan alias bahan utama si soto itu.  Masak terus jangan lupa dikasih gula putih  yah biar gurih cobain deh kira-kira rasanya kurang apa, kurang asinkah atau kurang gurihkah.  Kalo udah mateng angkat sajikan dengan  emping, acar ,irisan tomat dan taburan daun bawang dan bawang goreng.




Mau tau komentar pacar saya ,dia bilang” ini sih umi yang masak” jegeer tega banget jelas-jelas dia ngeliat saya lagi ngulek  bumbunya sampe keluar air mata karena ngulek bawang merah hehehe dan masak sotonya, tapi saya tau sih itu Cuma bercanda aja, karena pas  kami berdua makan saya Tanya, enak gak soto  buatan aku? Dia jawab enak kok, enak rasanya sama kaya buatan umi hehehe… seneng deh kalo saya masak sesuatu dan bisa dinikmatin sama orang yang saya sayang, jadi semangat buat nyenengin pasangan.




Thanks a lot to umi, you’re my second mom,you teach me how to make soto betawi and you’re so kind like my mom. Thank u so much , and for you my beloved thank u so much I’m happy  to be part of your  family, I’m found my new family who’se  care about me so much.



Love
@kodoksawah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar